Monday 15 November 2010

i made it.

this my pic. the first time i go to palu to test and waiting for 1 week utk liat pengumuman lulus tes tulis apa engga, slm disana sy tinggal di kayumaluye, kebetuln ada rumah sepupunya bokap (and its the first time i met him and his daughter, kiki. kalo nyokapnya kiki sy pernah ktmu pas dy ke bekasi ada dinas k jakarta). Palu kotanya lucu, masa macet krn ada kambing sm sapi jalan di jln raya..hehee...makanan khasnya itu kaledo, uta dada, etc. yg sy foto itu namanya utadada, semacam opor ayam tp bedanya pedeeees bgt (uta dada ada yg ayam ada yg ikan). i hope i can enjoy to live to Palu :) semangaaattt!! 

1. Perjuangan..

(sumber pic: kompas.com)

Tahun lalu gw ikut daftar 10 penerimaan cpns, diantaranya: sekneg, mahkamah konstitusi, bkkbn (wilayah bangka dan tes di sana), pemda bekasi, dephumham, depdiknas, deptan, basarnas, depnakertrans, pertamina, etc, etc.. yang berhasil lulus berkas dan berhak mengikuti ujian itu ada sekitar 7 (gw jabanin semuanya, sampe bela2in terbang ke bangka juga).

hal paling bikin gw sedih tahun lalu itu, pas mau ikut tes dephumham, persyaratannya sangat-sangat berat, harus tes kesehatan ini itu, sampe abis duit nyokap 500rb lebih (mungkin total semua 800rb-lah). yang bikin gubrag waktu itu, pas mau daftar, ditolak mentah2 (hari terakhir), padahal belum jam 4sore (batas waktunya), masih siang-an gitu. khusus formasi komunikasi (gw) dan beberapa formasi lain udh ga bisa daftar karena quota udh penuh:O kaget, shock, sedih, seenggaknya gw bisa kek ikut ujian:( ini ga bisa, padahal uang nyokap udh banyak terkuras,,hikss!! owkey gw ga patah arang semangat, gw tetep daftar sana-sini (obsesi pns menggebu). hasilnya nihil:( mungkin gw kurang belajar, kurang berdoa, kurang ibadah, etc. tapi tahun itu gw jadi tau hal2 buruk tentang proses cpns (apalagi pns daerah like pemda) udah rahasia umum banget kalo pake uang2 pemulus fulus untuk lulus (temen kk gw bayar 40-an, si a 75-an, si b 100-an, dan siap2 kaget karena nominalnya dalam bentuk juta-juta-an, loh, seharga mobil baru dan mobil second..aiihh!!). Ga semua sih begitu, beberapa masih jujur, yang gw yakinin kalo penerimaannya murni bgt itu, ya deplu, (sodara gw membuktikan dia lolos setelah ikut 6 kali tahapan tes, its amaziing!!), depkes (tante gw orang depkes, dia bilang semua yg handle penerimanaan cpns itu independent dari ui), bkkbn (gw bela2in ke bangka waktu itu karena sodara gw ada yg bagian kepegawaian pusat, gw kira bisa diselip2in nama gw, karna semua nilai di olah di pusat/jkt, wktu itu gw nyantai ga belajar, kepedean, ga nyadar otak gw cetek, hahaa, tapi ya pastinya ga lolos,,huff!!), depdiknas, BI, etc.


waktu berlalu hampir setahun. sebelum pendaftaran pns dibuka, nyokap sempet ngusahain gw untuk masuk jadi honorer2 di beberapa intansi pemerintahan (gajinya kecil, bayar masuknya gede, tau ga, bakal jadi apa kalo gw masuk situ? korupsi, biar balik modal,,hahaaa..). gw ga setuju gitu2an, pernah sodara nyokap ngasih tau, di daerah kampung gw bisa masuk pns di suatu bumn yg lumayan keren tapi bayar 50jt, syaratnya ijasah sd sampe kuliah etc etc. gw blg nyokap daripada duitnya buat begitu mending buat gw ke luar negeri dh ma, jadi TKI, babu cucipiring &ngepel2 di restoran (tapi gaji perminggu dolar, setahun udh balik modal..) daripada pns tp bgitu#-o udh gitu dari persyaratannya, bikin gw ga yakin, dimana2 pns ga ada yg ijasah sd sampe smu jadi persyaratan awal:( hari itu jg nyokap akhirnya nolak tawaran sodara gw itu (setelah diskusi sm gw and om gw yg juga adiknya nyokap). gw sih mau aja pake cara2 licik gitu, tapi "jangan pake duit"--> agak susah nih kalo ga mau modal, hahaa.. beneran ga tega sm nyokap-bokap kalo duitnya udh mencapai angka 20juta keatas,,ckck.. tante gw yg dapet s2 spesialis di bandung (dia dokter pns di kalimantan) bilang gini, "percaya sm kemampuan diri sendiri, jangan deh pake orang dalem atau duit2-an, saya lulus pns setelah ketiga kalinya ikutan tes, pernah ada yg nawarin bayar2, ah buat apa begitu, jangan sampe awal masuknya kita udah pake cara buruk begitu, sy ini im mau jadi pns ngincer sekolah laginya aja, aplg di indonesia timur, berlimpah beasiswa, hahaa", gw pikir2 ada benernya juga, sesuatu hal yang awalannya buruk apa bisa jadi bagus kedepannya? tante gw itu dapet beasiswa di fk unpad, planningnya nanti dia mau ambil subspesialis (dr beasiswa juga). ngeliat dia, gw makin terpacu utk jadi pns, ngincer beasiswa, bisa jalan2 ke daerah baru dan bisa sekolah gratis pula.

2.  Usaha Truuuusss...


Tahun ini, untuk kedua kalinya, gw ikut lagi tes2 cpns, tapi kali ini gw ga mau daftar banyak2 (karena ijasah+transkip legalisir gw terbatas-->males ke kampus bwt legalisir), dan berdasarkan pengalaman tak mengenakan tahun lalu, thn ini gw daftar pilih2 juga, gw ga mau daftar pemda (krn bangkunya udh ditek-ketek-in sm pejabat daerah, pssttt..walikota bekasi sm sekda lg dipenjara gr2 kasus korupsi dana APBD..ouch:-$) dan depag (untuk depag bkn krn ga murni loh-->gw ga tau depag msh murni apa engga, tp yg bikin males biasanya tiap tes pasti macet mampuuuusss..ga nahan pendaftarnya banyak bgt..ughh!!). gw cuma mau daftar yang katanya murni2 aja (sakit hati kalo udh belajar ternyata bangku formasi gw udh dibayar orang:( hikss!! pengalaman pas tes pemda, gw dapet bocoran dr temen, semua bangku/kursi formasi udh di booking semua, so' ujian cuma formalitas aja, padahal tesnya menggila banget, full inggris-->gaya bgt kn bekasi,,hufff!!). akhirnya, gw cuma daftar 3 (depkes, bkkbn dan deptan). untuk bkkbn tahun ini gw pilih wilayah palu (tadinya mau papua, tp dilarang abis2an sm nyokap), gw pengen bgt papua karena pendaftarnya cuma 1 org aja untuk wilayah papua barat dan 3 org untuk wilayah papua (khusus formasi gw diterima juga cuma 1) tp karena dilarang y wes ganti haluan. ada alasan gw pilih palu: pertama, gw ga mau pilih pusat dan jawa barat (saran nyokap gw ambil ja-bar krn di bandung domisilinya) karena pasti persaingan ketat, peluang sedikit, secara orang pusat dan ja-bar pinter2. yang kedua, gw ga mau pilih bangka karena tahun lalu gw pernah ke bangka (malu ah ketemua org bkkbn bangka lg,,hehee..lagipula disana ga terima formasi komunikasi lg tahun ini). ketiga, gw ga mau pilih makassar karena ga mau saingan sm anak unhas (jiper dluan bow). dan keempat, krn palu masuk indonesia bagian timur, denger2 dari tante gw dan kk gw si kiki, banyak banget penawaran beasiswa bagi pns yang bertugas di indonesia timur dan perempuan (duh tawaran yg menggoda) setelah gw liat2 di google, bener juga loh. jadilah gw ke palu buat ujian (ternyata ongkosnya lumayan mahal juga:-s). Kebetulan di palu untuk formasi yg gw ambil itu pendaftar ada 6 orang, yang lulus berkas cuma 3 orang (karena akreditasi jurusan harus A atau B surat akreditasi harus dari BAN/badan akreditasi nasional, alhamdulillah jurusan komunikasi di UIN jakarta akreditas udah A, wktu tu gw urus surat akreditas jg di kampus jdnya kurang dr 5 menit loh udh jadi, ayoo masuk komunikasi uin,,hahaa..promosi ah!!). saingan gw wktu itu, yg cwe anak lulusan 2009 (masih freshgraduate bgt) dr fikom unpad (oh my God, knp ktmunya anak unpad sih-->fikom unpad adalah fakultas komunikasi satu2nya yang berdiri sendiri atw tidak masuk bagian fisip, lulus dari fikom unpad itu terkenal susah, temen smp gw jg anak fikom, belum lulus2 sampe sekarang), yg bikin gw tambah scared, ternyata dia lagi s2 di unpar, dia juga anak asli palu dan bokapnya kyy pns yg udh jadi pejabat di palu krn kliatan tajir (wew..beraaat), saingan yg satu lg ternyata lulusan unhas (aahh,,gw menghindar malah ktmu ank unhas juga,,rrrgghhh!!). jadilah gw lebay, ga mau kejadian di bangka sethn kmrn terulang lg (ga lulus krn kurang belajar&berdoa-->udh bego eh kepedean pula ga ada usaha, malah ngarepin orang,,baaahhh!!), karena gw tau kemampuan otak gw dodol alias cetek (aplg 2tahun nganggur, otak udh sedikit beku nih:-s) jadilah gw belajar ky orang kesurupan, tidur cepet, bangun malem bwt baca2 buku dan sholat tahajjud, sambil merem melek tuh baca buku, baca doa, baca qur'an krn ngantuk (cuma satu di benak gw--> kali ini gw ga mau dan ga boleh lagi ngecewain nyokap-bokap untuk kedua kalinya dan ga mau perjalanan ke palu jd sia2...pleaaaasseee God help me!! yg penting lulus tes tulis dlu dh, biar nyokap seneng dlu dan tau kalo gw belajar beneran). seminggu gw di palu, nunggu pengumuman tes tulis, alhamdulillah lulus, abis tes interview (yg interview itu independet psikolog ui) gw langsung balik ke jkt krn tes deptan mepet. pas ke palu, gw ga mau ngelibatin sodara gw yg orang bkkbn pusat (lgpl dia juga lg ga bertugas aktif krn lg kuliah di oz/aussie-->beasiswa dr kantor bkkbn, mudah2an gw bisa jg dpt beasiswa,,ameen..dalem atw luar negeri gpp dh, yg penting gratis..hehee). ada kejadian janggal juga pas pengumuman tes tulis, nama yg keluar itu gw sama anak unpad, tapi entah kenapa, tiba2 si anak unhas (yang langsung plg ke makassar begitu tau ga ada namanya) dipanggil lg utk tes interview. selidik punya selidik, ternyata ada kesalahan dari pusat, sebenarnya nomor yang keluar itu nomor ujian si anak makassar, (yg namanya mas parman) tp yang keluar malah namanya mba yg kuliah di bandung. gw akrab sama mas parman, y frend lah (persaingan sehat,,heheee), jadi kty keabsahan info itu sempet jd heboh di kantor bkkbn palu, "siapakah suparman, sampe bisa dipanggil lg ujian interview?apa ada orang dalem dia??" sampe2 kty psikolog independent nya ga mau wawancara krn ragu (takut kalo bener pk org2 dalem gitu) akhirnya setelah dapet penjelasan salah data dari pusat, baru diproses deh. parman itu kelahirannya sama ky abang gw si iman, jadi gw wktu itu udh ikhlas, kalo emg rejeki dia, dia lulus y gw ikhlas lah (yg penting wktu itu gw udh lulus tes tulis, udh cukup bwt gw krn yaa ga terlalu sia2 bgt gw seminggu di palu nunggu pengumuman tes tulis dan yg pasti ga terlalu ngecewain nyokap jg), secara si mas lebih tua dari gw, kasian jg mn pake bolak2ik makassar palu krn ada salah teknis dan yg pasti dia baik juga sm gw (wlw kita bersaing), so gw serahin semuanya sm Yang Di-Atas.

3. And i Got it!

Tes deptan, seperti tahun lalu, di puncak ciawi bogor, sempet ketemu temen kampus gw, waduh.. pas duduk di sebelah gw pula (paling males ketemu org yg kenal, pertanyaannya ga jauh2, "udah kerja dimana sekarang?" #-o pertanyaan paling menyebalkan buat gw,,huff!!). Abis tes deptan, keluarlah pengumuman bkkbn, ga deg2an karena ga tau kalo hr itu udh keluar. hari itu gw lg di kantor deptan ragunan, dari puncak gw dijemput dd blukutuk sm cia langsung ke deptan ragunan buat jemput om gw (adik nyokap). om gw itu yg dluan tau ttg pengumuman bkkbn (dia tau banget kalo gw obsesi jadi pns, umm bukan dia aja yg tau, kyy smua sodara gw tau hal itu, krn tiap ada pembukaan cpns, ga sedikit yg kasih info ke nyokap atau juga langsung sms gw,,hahaaa),

alhamdulillah, cuma itu yang bisa gw ucapkan. smua karena kemurahan hati-Nya. im really really happy, thx God for all de things that happend to me in this year. oh ya setelah tau gw lulus, nyokap heboh, yg mau makan2 lah, pengajian ibuk2 lah, blabla.. udahlah ga usah norak, fiuh!! temen gw aja ga semua tau, hanya bberapa. dari beberapa orang itu, mereka tanya "im pake uang pelicin ga?", "im lo bayar brp?". please teman, percaya kemampuan gw *belagu*, oon begini gw masih punya USAHA untuk belajar dan berdoa (cuma itu yg gw punya "USAHA LEBIH BESAR dari orang2 yg otaknya cair" karena gw nyadar otak gw ngepas dan membeku:-s), gw ngeluarin duit cuma buat onkos jakarta-palu-jakarta, thats it. nothing else. agak bete juga ditanyain gitu, krn gw sampe jungkir balik bangun malem#:-s (pedekate sama Tuhan dan pedekate sm buku), yah gw cuma bisa ngelakuin itu karena gw ga punya otak encer *sangat sadar*, gw ga punya banyak duit buat uang pelicin masuk jadi pns (bokap gw cuma pensiunan pertamina cyiinn.. masa harus gadein mobil:-s), yang gw punya cuma semangat, mimpi, harapan dan usaha lebih keras dari yg lain (gw gak mau ky pengalaman tahun lalu--> udah bloon alias bodoh, ga pake usaha pula:-s). lgpula pake otak sedikit dh, coba dipikir, kalo pake jalur khusus (dengan duit2an atau ada link), mending gw ambil jawa barat/bekasi (jelas lah deket rumah) atau sekalian makassar krn banyak sodara gw dan itu emg kampung gw. mslh link jg dimakasar sm jkt lebih byk kenalan pejabat pns drpd di palu (palu tuh asing bagi gw, kmrn ujian itu de first time bgt gw ksna, om gw ada disana sepupu 2x nya bokap, gw br prtma ktmu dia y pas dtg mau ujian itu, istrinya sekali gw ktmu pas dia dtg ke jkt, ga ada link sm sekali). bete jg kan ditnya2 gitu:( malah ada yg blg, yaah jelas, gw masuk krn ada sepupu gw dsna (heylooow, dia lg kuliah x, jauh pula&jarang pulang, setahun ni kty dia bener2 ga ngerjain tugas kantor, ga tau apa2 ttg penerimaan kali ini), ad yg blg krn bokap gw org pertamina (watz:O pdhl udh pensiun#-o msh aj dikait2in) yah terserah lah org blg apa, yg penting gw udah lulus,,yeaay,,hehee..*girang norax gilaa*

okey sekarang gw harus siap mental untuk tinggal di palu dalam waktu lama (krn di surat pernyataan tertulis "boleh mutasi kalo udah 5tahun" atau ada pengecualian, apabila di wilayah lain membutuhkan tenaga yg bersangkutan dan apabila ikut suami bertugas--> cari suami dimana y???hehee :-s) kalo emang ga bisa mutasi, gw harus cari cara lain, yg terpikir utk saat ini, obsesi gw selanjutnya--> coba cari beasiswa, beasiswa dari bkkbn nya (bkkbn royal beasiswa loh, dalem maupun luar negeri) ataupun dari luar bkkbn (biasa dari luar bkkbn ini bkn dari pemerintah indonesia, tp langsung dari kampus yg dituju, bisa dalam negeri atau luar negeri), bisa juga kita ambil kuliah s2 pake biaya sendiri dlu masuknya, nnti ajuin ke kantor kalo di acc kty sih diganti duit masuk'y dan terhitung semesteran dibayarin juga, lumayan bgt.. kepedean bgt ya, tp tetep keep fighting-lah, ciayociayo... (krn ga ada yang ga mungkin kan, ahayy!!), tunggu pengalaman kerja 2 thn br bisa daftar2 beasiswa, semangaaat..


(ini pengumuman tes tulis sama pengumuman hasil akhirnya. sumber: bkkbn.go.id)



november 2010
imanis.asamanis

No comments: