Friday 11 November 2011

alone but i must be stand up!

Ga Berasa sudah hampir 8 bulan saya mengais rejeki di kota Palu, sulawesi tengah. it wasnot an interested experience. in the begining, its one of my dreams, be PNS that far away from my home and i made it. but when i was here, hmm,, its hard bcoz i was alone in this city, i felt i like an alien that dunno what people talk (logatnya susah dimengerti sih! dan juga agak2 ga nyambung,i was changing, i am be taciturn person!). sometimes, i was bored, felt lonely although i amnt, miss my family in bekasi (miss my dad, my mom and especially i miss my nephew and nieces sooo much). i was crying, keep longing of azzam (my lovelyyy niece).

i was remembered story bout Andrea Hirata's life on Tetrilogy of Laskar Pelangi (Laskar Pelangi/Sang Pemimpi/Endensor/Maryamah Karpov) and A.Fuadi's life on Negeri 5 Menara&Ranah 3 Warna. it inspired me to be tough and do my best here. there are an amaziing books with the amazing words that motivated and inspired me. its not about faith, its not about destiny, but its bout ur hardwork, ur pray and "keyakinan" or optimist, ga boleh ketinggalan juga ikhlas (gw belajar seni ikhlas dari baca buku "quantum ikhlas" nya Erbe Sentanu. i was remembered Dee's word on Perahu Kertas book "Bintangmu memang sedang tidak terlihat tp percayalah, pasti akan terlihat, bumi hanya sedang berputar".

Mau ga mau gw emang harus ngelewatin step ini, step Merantau! (seperti cita2 gw selama ini, jadi PNS yang bisa stiap tahun naik pesawat terbang *i am fly freak* hahaa..norak memang:p) untuk mencapai cita2 sesungguhnya (study abroad or living abroad for a while). ternyata dalam Al-Quran juga ada tentang Merantau loh

Allah telah menjadikan bumi mudah untuk digunakan. Maka berjalanlah di atas permukaan bumi, dan makanlah dari rezekiNya dan kepada Nya lah tempat kamu kembali.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ الجمعة: 10
Maka berpencarlah kamu diatas bumi, dan carilah karunia Allah dan (di samping itu) banyaklah ingat akan Allah, supaya kamu mencapai kejayaan”, (QS.62, Al Jumu’ah : 10).

Agar supaya “jangan tetap tertinggal dan terkurung dalam lingkungan yang kecil”, dan sempit,
قَالُوْا أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ اللهِ وَاسِعَةً فَتُهَا جِرُوا فِيْهَا"
Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?”. (QS.4, An Nisak : 97)



Okey, gw copas beberapa kata2 dari buku Ranah 3 warna (buku yg baru2 gw baca, jadi masih HOT) untuk jadi pembelajaran motivasi di diri kita masing2 :)
 
















 
 

(this 4 of the two thumbs up and recommended books)


"Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang." – Imam Syafii


Bersabar dan ikhlaslah dalam setiap perbuatan. Teruslah berbuat baik, ketika di kampung dan di perantauan. Jauhilah perbuatan buruk dan ketahuilah pelakunya pasti dibalas di perut bumi dan di atas bumi. Bersabarlah menyongsong musibah yang terjadi dalam waktu yang mengalir, Sungguh dalam sabar ada pintu kejayaan dan impian akan tercapai, Jangan cari kemuliaan di kampung kelahiranmu, Sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan pada usia muda. Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah menggapai impian, Sebab impian tidak akan dapat diraih dengan kemalasan. Jangan bersilat kata dengan orang yang tidak mengerti apa yang kau katakan, Sebab debat kusir adalah pangkal keburukan. -Syair Sayyid Ahmad Hasyimi -

Jarak antara sungguh sungguh dan sukses hanya bisa diisi sabar. Sabar yang aktif , sabar yang gigih , sabar yang tidak menyerah,sabar yang penuh dari pangkal sampai ujung yang paling ujung. Sabar yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan seakan akan itu sebuah keajaiban dan keberuntungan. padahal keberuntungan adalah hasil kerja keras, doa dan sabar yang berlebih-lebih. Hanya dengan sungguh-sungguhlah jalan sukses terbuka. Tapi hanya dengan sabarlah takdir terkuak menjadi nyata. Dan Tuhan selalu memilihkan yang terbaik dan paling kita butuhkan. Itulah hadiah Tuhan buat hati yang kukuh dan sabar.

"siapa saja yang mewakilkan urusan nya kepada Tuhan, maka Dia akan mencukupkan semua kebutuhan kita. 'cukup' kawanku. itu yang seharusnya kita cari. apa artinya banyak harta tapi tidak pernah merasa cukup? Itulah janji Tuhan buat orang yang tawakal. Aku ingin tawakal sempurna. Aku ingin dicukupkanNya segala kebutuhan"

"Sungguh, doa itu didengar Tuhan, Tapi Dia berhak mengabulkan dalam berbagai bentuk. Bisa dalam bentuk yang kita minta, bisa ditunda, atau diganti dengan yang lebih cocok buat kita".


Ada kata2 dari buku Negeri 5 Menara yang gw juga suka banget, "Berusaha lebih keras dar usaha orang lain" Man jadda wa jadda.


Jadi, intinya dalam buku Ranah 3 Warna kita di ajarin Sabar Ikhlas dan Berusaha semaksimal mungkin. Kalo didalam Quantum Ikhlas rumusnya "POSITIVE THINKING, POSITIVE FEELING, IKHLAS dan YAKIN". Dalam tetrilogy Laskar Pelangi cukup keyakinan dan jangan pernah takut bermimpi!. so' ayo kita terapin dalam benak kita, pola pikir kita, dan keseharian kita...:)


imanis.asamanis//@kantor BKKBN perwakilan Prov. Sulawesi Tengah//1 Okt 2011, Sabtu..

No comments: