Sunday 2 May 2010

Antara Khayalan dan Kenyataan

akhir-akhir ini, gw ngerasa aneh dengan cara berfikir otak gw, udh beberapa kali ada yg mengendap-endap keluar pelan-pelan menampakkan diri, informasi, kejadian dan ingatan-ingatan itu terpatri di pikiran/memori gw, gw merasa smua itu nyata/real tp tryata ga smua nyata. ternyata kali ini dunia khayal masuk dan berdiam diri hingga terpatri di otak gw menjadi hal nyata (bingung y, gw juga bingung,, huff!!). yang jelas gw nyadar hal itu krn ada sekitar 4 atau 5 kejadian yg gw alamin,waktu itu gw liat email salah seorang kaka gw, gw liat disitu ada beberpa emailnya bebek dan keliatan belum pernah dibuka2, it looks like somtin' real, and i saw it, im sure i saw.....tp pas gw tny, kaka gw bingung gitu, pas gw lg buka kompi, emailnya blm di sign out, gw liat2 ampe budeg trnyta emg ga ada sederet email bebek yg beberapa hr gw liat, yeah, sejak sat itu gw sadar ternyta itu cuma khayalan gw yg gw anggep jd kenyataan dan udh ada hal2 serupa tapi tak sama (semacam gitu jg dan ga selalu brhubungan ma bebek, ada bbrp contoh lain yg ga bisa gw ceritain satu2). karena ngerasa ada yg ga beres, gw mengalami gangguan membedakan antara kenyataan dan khayalan, umm,,it was an interested thing tp ketika lo merasakan itu di diri lo (*something wrong*), itu menjadi hal yang menakutkan:-ss itu yg gw rasain, feel so weird and must fixing my mind but HOW? (*i dunno*).

gw coba rewind kebelakang, otak berfikir gw emang lama ga dipake buat berfikir hal2 berat, im just have fun along day, my activities r travelling, shopping, sleeping, cooking, blogging, ngayal, cuci piring and jejaring social by net, oh y kadang gw jg olahraga dirumah, senam2 ngurusin badan. ga ada yg behubungan dgn otak kcuali baca2 buku (ntu jg paling komik), sekalinya ada novel br y gw baca jg, tp gak tiap bulan ada novel baru (biasa minjem sih), lagipula baca novel tebel 2-4 hr jg kelar (setelah itu otak gw ga mikir berat2 lg), trus yg namanya baca crita (*beda urusan kalo buku pelajaran) pasti kan mau ga mau kita harus berimajinasi masuk kedalam situasi dalam crita yg kita baca (kalo baca komik, ga usah di imajinasiin lg krn udh ada gambar tp kalo novel fiktif maupun true stroy,,ummm,,,pasteenya kan dunia khayal ikut terlibat..) jd yaaa baca buku nambah pengetahuan (*sedikit*) dan mengasah daya khayal makin menggila:-s selain baca, Belanja sebenarnya juga butuh mikir, terutama mengasah itung2an atw MTK kita semasa SD dulu, ngitung harga diskon--> dari harga segini jd berapa, blabla, atw ngitung total belanjaan pk duit sgini kembaliannya berapa, masih bisa belanja apalg dengan duit sgini cukup buat parkir atw ga sekalian buat makan, blabla...Selanjutnya, yaaa waktu gw abisin bwt ngayal, terutama "ketemu bebek", just it! utk pikiran yg gw gunain bwt mikirin bebek, yah diblg wajar sih masih wajar krn kita long distance tp ga wajar juga kalo gw udh berhalusinasi bgini, atau mungkin karena hal2 ga guna mky otak gw jd ga mudeng dan skrg parahnya yaa itulah ga bisa ngebedain yg nyata dan yg cuma khayalan:-ss

menurut gw Kenyataan dan Khayalan itu dekeeet bgt, mereka dibatasi hanya oleh garis tipis. kadang kita bisa cepet bgt masuk kedunia khayal kita di dalam dunia nyata (?????) dan bisa kluar dari dunia khayal kita trus balik lg kdunia awal yaitu dunia nyata yg fana. kenyataan tanpa khayalan dan angan2 mungkin bakalan jd basi, bagai dunia tanpa warna, iya ga:>? tp salah ga org mengkhayal sampe bingung bedain sm yang nyata???? kadang orang menggunakan khayalannya untuk menggerakkan kenyataan, banyak juga yang sebaliknya. tp kalo sinkron jalan bareng2, mungkin bakal lebih baik, krn dia berusaha mewujudkan khayalan2nya ke dunia kenyataan, trus gimna dengan contoh kasus "gw" ??? gw coba menelaah "apa yg salah" apa khayalan gw trll tinggi? apa khayalan "bebek kirim email ke kaka gw" itu khayalan yg berlebihan dan trll tinggi? i dont think so, trus gw ni knp? apa gw bukan berKHAYAL tp yg bener gw berHALUSINASI? lantas, apa beda keduanya? gimana biar struktur berfikir gw jd beres? gimana gw bisa mengkotak2an semua memori yg ada di dunia KENYATAAN dan memisahkan kotak2 itu dari semua memori yg asalnya dari dunia KHAYALAN? umm,,kita harus mulai dari diri kita, membatasi memori yg masuk dari dunia khayal dan hanya menjadikan hal itu motivasi2 utk lbh maju dan tetep berjalan didunia ksadaran penuh yang nyata. bukan memasukkan kedua sumber memori dari dua dunia ke satu tempat dan membentuk mozaik2 kehidupan yg jd susah dibedain yg bener terjadi sm yg cuma ada dikhayalan semata.

kok makin lama gw makin bingung sama tulisan2 gw sndiri, huffff#-o yg pasti banyak dzikir aja kali y (panjang lebar pembahasan diatas, jawabannya cukup satu kata..) krn i have no a solution for ma problem, bisa bantu?????gimana cara mengkotak2an memori2 kejadian yg nyata dan cuma khayalan semata biar gw bisa bedain secara jelas dan ga berhalusinasi lg??????!!



imanis.asamanis
@sentul//@bekasi
22maret2010

No comments: