Monday 17 May 2010

*^BEKAM^*

lets talk about bekam:> sebelumnya, mari kita lihat foto2 gw waktu dibekam:D:D

(*betis gw dibekam-->oh ni betis y,,wkwkk..gede ajah. samping kaki gw ntu bentuknya kaya tembakan, buat ngisep udara didalem cop bekam)

(*yang ini tangan gw, sering dikerok,,jiji liatnya ya)

gw emang udh lama pengen coba bekam (tp belom sempet-->alias msh ngerih) tp yg ditusuk2 biar keluar darah tp kemarin pas coba yg ini, bekam kering (krn ga berdereh2), dibekamin sepupu gw ank kelas 6SD, enak jg, bs jadi pengganti dikerokin, alatnya jg murah meriah, 165-an (seharga baju gamis lucu satu biji bs dapet alat bermanfaat ini,,ckckkk-->promosi dul:>) pas gw cek di online shop khusus jual alat kesehatan, tryata ada yg jual grosiran, lebih murah lg bow tp harus beli 10-20 dus (harga dirahasiakan-->ada niat gw dagangin,,wkwkwkkk)


Definisi dan Sejarah
Bekam merupakan istilah yang dikenal dalam bahasa melayu, bahasa arab mengenalnya sebagai Hijamah, dalam bahasa inggris dikenal sebagai cupping, orang cina mengenalnya sebagai gua-sha, sedangkan orang Indonesia mengenalnya sebagai cantuk atau kop. Bekam mulai dikenal dan dilakukan sejak jaman Mesir kuno, bangsa Mesir kuno pada saat itu dikenal sebagai bangsa yang banyak mengadakan perjalanan jauh untuk berdagang yang tentunya perjalanan tersebut banyak menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di tubuh. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh tersebut, mereka berupaya untuk mengeluarkan cairan-cairan darah kotor yang mereka anggap mempengaruhi keseimbangan metabolisme di tubuh.

Bekam Anjuran Rasulullah
Berobat adalah perintah agama, dan banyak hadits Rasulullah saw yang menganjurkannya, sebagaimana yang diriwayatkan dari Usamah bin Syuraik oleh Ahmad ”Aku datang menemui Nabi saw. Dan aku melihat sahabat-sahabatnya seolah-olah di atas kepala mereka ada burung bertengger karena hormat dan takzim mereka kepada Nabi. Akupun memberi salam, lalu duduk. Kemudian datanglaj orang-orang Badui dari sana-sini. Mereka bertanya, ”Ya Rasulullah, apakah kami boleh berobat ?”. Nabi saw bersabda, ”Berobatlah engkau karena Allah ta’ala tidak menaruh sesuatu penyakit, melainkan menyediakan obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu penyakit tua”.

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud oleh an-Nasa’i, Ibnu Maajah dan Hakim bahwa Nabi saw bersabda,”Sesungguhnya Allah tidak menurunkan sesuatu penyakit melainkan juga menurunkan obatnya. Karena itu, berobatlah engkau !”.

Diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir bahwa Rasulullah bersabda,”Setiap penyakit ada obatnya. Jika sakit telah diobati, ia akan sembuh dengan izin Allah”.

Bekam merupakan salah satu bentuk pengobatan dalam Islam yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad saw. Sebagaimana diriwayatkan Said bin Jubair berkata dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara : Pertama, minum madu. Kedua, dengan pembekaman. Ketiga, dengan besi panas, dan aku tidak menganjurkan umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”.

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)”

Hadis Rasulullah saw " Jika ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit, maka bekam juga dapat menyembuhkan." HR MALIK.



(*reff: sejarahbekam :: bekamtheraphy.com



imanis-imabe
@humsweethum
02:43 am//18 mei 10

No comments: