Tuesday 14 August 2012

Cerita Ramadhanku..

PART 1


18 Juli 2012. Paket itu akhirnya tiba, paket yang saya tunggu hampir 1 minggu lamanya. Paket yg saya pesan dari tetangga saya di Bekasi. Goodiebag gambar kartun2 lucu sebanyak 2 lusin, itulah isi paket saya. Sengaja saya pesan dari bekasi dan dikirim ke palu untuk mewujudkan ide saya, ide yang muncul sebelum datang bulan Ramadhan, ide yang mungkin juga bisa dibilang sebagai hal yang saya inginkan selama ini, ide berbuka puasa dan memberikan bingkisan2 kecil-kecilan yang isinya selain snack harus ada alat tulis. Sengaja 4 buah saya simpan untuk keponakan saya di jakarta. 20-nya untuk saya bagikan ke anak panti.
 Alhamdulillah, pertengahan bulan Juli saya mendapat honor lebih, bukan honor yang berlebihan juga, uang hasil dari perjalanan saya mengikuti pelatihan di Jakarta bulan Juni lalu (setelah pulang diharuskan persentasi menjelaskan ilmu yg saya bawa dari Jakarta ke semua pegawai di kantor saya bekerja..fiuhh…I was scared!). Akhirnya honor itu cair juga walau ternyata saya harus merelakan atau dipaksa ikhlas karena ternyata harus ada potongan sebesar 25%, penjelasan dari atasan saya, itu diperuntukkan bagi bos kami. Saya diminta atasan sy untuk memberikan langsung ke bos dan  bilang “uang ini titipan atasan saya untuk bos! Ga tau darimana, cuma dititipi sj sy bos..” and I do that! bos saya bingung dan bertanya-tanya, “darimana, uang apa” tp sy tetap berkeras hanya dititipkan, tidak tahu juga darimana. Tetapi tetap dia ambil. Saya tidak jengkel, hanya lucu aja kalo di inget lagi. Dari honor yang saya dapat, sudah saya save memang 25% nya (jumlah yang sama seperti uang yang saya hibahkan ke bos saya, apakah bos saya sefakir itu sampai atasan saya mencarikan sumbangan?never mind..) untuk mewujudkan ide untuk berbuka puasa dan membagi2kan goodiebag ke anak panti asuhan, i wanna see their smile, simple, just it! Sisanya saya bagi2 ke beberapa teman (bagi2 rejeki lah trutama utk org seruangan dan bag keuangan), transfer orang tua dan ditabung sebagian.
20 Juli 2012. Puasa pertama, Marhaban yaa Ramadhan. Rencana sudah bulat, saya juga sudah menemukan panti asuhan yang akan saya datangi tapi masih mencari siapa nanti yang akan mengantar dan mobil apa yang bisa dipakai, kebetulan kendaraan saya di kota orang ini hanya sebuah motor berplat merah.


21 Juli 2012. Berbelanja dan langsung mengisi goodiebagJ im really happy to do that.. *sambil ngebayangin senyum anak panti asuhan yang seneng liat isi didalam goodiebag, sederhana, simple tapi saya cari yg menarik, seperti buku tulis dengan gambar menarik, paket isi 7 macam snack+1 mainan anak, pulpen yang lucu2, pencil dan rautan warna2i. Saya membeli 5 googiebag lagi di swalayan palu (ternyata ada) bahkan harganya lebih murah tetapi yang ini terbuat dari karung, Cuma gambarnya tidak kalah lucu dengan goodiebag yang sy pesna dari Jakarta. Setelah 25 paket siap. Untuk biaya nasi kotak saya siapkan untuk 36 orang, mengingat ada pengurus dan juga saya sendiri yang akan bukber disana. Tp masih tetap terganjal, siapa nanti yang akan antar saya, mobil apa yang dipakai,,duuhh..

Ketika saya pasang foto paket goodiebag yang siap dibawa di BBM, adik saya dede tiba2 bertanya, apa itu? Saya jawab seadanya dan langsung menawari dia untuk ikut berpartisipasi, dan dia langsung meng-iya-kan, hari itu juga dia transfer uang, Thx de!:) dan saya pikir dengan uang budget saya, juga sumbangan dede, saya bisa menyumbang utk 2 panti sekaligus, yang 1 acara buka puasa, yang 1 lagi cukuplah sembako dan alat tulis. 

Setelah ada pencerahan dari dede, sy coba menawarkan beberapa teman untuk ikut berpartisipasi. Alhamdulillah, ka desni merespon BBM saya dan mau menambahkan 10 kotak nasi kotak, karena tambahan biaya nasi kotak itulah, saya pikir ada baiknya pesan 46 nasi kotak (lebih baik lebih daripada kurang. Selain itu, ka desni juga beli minuman jelly utk buka puasa untuk 40 orang. ila (temen di rumah dinas) juga bersedia ngurus kotak kue plus isinya, yaitu 2 buah kue ringan sbanyak 40, ka indri juga ikut membantu dengan 40 teh kotaknya. Sebagai pengganti kurma, saya beli coklat sebanyak 40 bungkus. Mas budiman juga smangat begitu saya kasih tau, dia tanggung bensin mobil. Thx all:*

Tanggal sudah ditetapkan, ibu Alam adalah teman kantor saya yang dekat rumahnya dengan panti yang akan kami tuju. Dia sudah mngatur jadwal dan jatuhlah tanggal 27 Juli ditetapkan kami bisa datang kesana. Saya minta ijin ke atasan untuk meminjam mobil kantor, alhamdulillah di ijinkan. Hubungin satpam yang bisa dipanggil2 nyetir, alhamdulillah dia juga mau bantu. Karena sudah berkuasa atas mobil kantor di tanggal 26 Juli, jadilah saya, ka desni, ila dan ka indri ke swalayan untuk belanja keperluan dan sumbangan masing2. Saya teringat paket goodiebag masih 25, sedangkan kata ibu alam, anak disana 30 orang. Sorenya saya pergi sendiri ke mol untuk beli goodiebag yang kurang beserta isinya.
 
27 Juli 2012. Pagi saya pesan nasi kotak di warung nasi padang sebanyak 46, yang 1 kami tinggal untuk satpam di kantor. Sore hari Saya, ila, ka desni (ajak keponakannya juga), mas budiman (skaligus sbgai fotografer kami dsana), pak jamal (satpam yang kami culik untuk jadi supir) menjemput ibu alam. Dari rumah ibu alam, kami langsung meluncur ke Panti Asuhan As-Salam. Agak pedalaman, Cuma ada 2 bangunan disana, yang satu bangunan kayu agak lebar kokoh berisi 1 ruang tamu kantor yayasan dengan beberapa kursi, papan tulis, meja dan pajangan dinding struktur yayasan, juga nama2 anak di panti (yang ternyata berjumlah 33 orang).  1 ruangan panjang (tempat segala macam kegiatan anak panti disana (tidur, mengaji, shalat, makan, kumpul, belajar, dll) Cuma ada 1 meja disana yang diatasnya terdapat beberapa buku dan beberapa al-Quran tua, beberapa karpet yang digulung (sudah koyak), 2 kasur  dan papan tulis. Ada 2 kamar dan 1 dapur. Di belakang ada bangunan 1 lagi, kecil, dari kayu juga, ternyata toilet yang pintunya cuma kain sarung setengah badan.


Kami duduk disana, membagikan makanan, berdoa bersama dan alhamdulillah adzan maghrib berkumandang, berbuka puasa bersama. Setelah makan snack, dilanjutkan shalat maghrib (tp kami perempuan2 lupa bawa mukena, ga sholat deh:P). Setelah shalat makan malam bersama. Setelah makan baru kami  turunkan goodiebag yang saya siapkan jauh hari, kami bagikan (ternyata yang hadir saat itu cuma ada 24 anak, sisa 6 goodiebag, lalu saya bagikan ke keponakannya ka desni, ibu alam 2 untuk anaknya, mas budiman untuk anaknya, ila minta untuk keponakannya dan pak jamal dapat 2 untuk anaknya). Anak panti sangat senang menerima bingkisan tas2 kecil itu, mereka tiba2 bersemangat. Selepas foto2 bersama didepan panti asuhan, berpamitan, diluar saya lihat dari jendela mereka membuka isi goodiebag tersebut, menduga2 apa isinya, berceloteh menyamakan apa yang di dapat dengan apa yang di dapat temannya. SenangnyaJ
Ternyata banyak hikmah hari itu, mas budiman cerita bahwa dia juga mau sekali buka bersama anak panti asuhan dan hari itu akhirnya tercapai. Kami semua happy, lega dan ada sejuta rasa yg bergetar didada ketika melihat senyuman anak2 disana. Ibu alam dan ka desni ingin bkin rencana seperti ini lagi. Alhamdulillah atas rejekiMu, mudah-mudahan semua berkah y Rabb.. thx dede dan semua teman yang ikut berpartisipasi :D


PART 2


28 Juli 2012. Mobil kantor jaman thn sebelum masehi masih bisa saya pakai2. Mumpung hari sabtu libur, saya minta tolong pak jamal untuk jemput di rumah dinas, lalu antar saya ke toko buku, swalayan dan pasar tradisional. Di toko buku saya membeli buku-buku tulis, swalayan saya borong mie goreng, mie rebus, beli minyak dan pulpen lucu-lucu. Di pasar, mampir di toko beras. Uang dari dede masih ada, saya juga tambahkan beberapa. Setelah itu saya minta pak jamal antr ke Panti Asuhan Nurul Iman, dekat kantor, sudah dua kali sblm ini saya singgah kesana, mampirin sembako 2 bulan berturut2 kemarin. Sebenarnya ide buka bersama saya ingin lakukan disini, tetapi ternyata anak panti disana berjumlah 68 orng. Senang disana karena beberapa kali saya datang pasti anak disana sdang mengaji atau sholat jamaah. Mereka sedang membangun asrama dan mushola agar tidak sulit sholat dikantor yayasan yang sekarang juga terpampang etalase jualan beberapa oleh2 khas palu. Mereka berjualan juga, tetapi hal yang tidak saya suka dari sistem yayasan disini, mereka tidak hanya berjualan di yayasan panti saja tetapi mengedarkan beberapa anak laki-laki (tidak adak anak perempuan yang berjualan) dibandara mutiara, palu. Ngenes liatnya, mereka menjajakan bawang goreng, kacang, dll dengan pakaian muslim mereka, lengkap dengan peci, membawa pelastik kantongan isi segala macam ole2 khas palu. Ada 2 anak dari panti Nurul Iman yang biasa saya liat keliling bandara jualan telah menginspirasi sy membuat bukber (yang akhirnya terealisasi di Panti asuhan As-Salam), yaitu yang cacat dibagian kaki, susah jalan tetapi sangat semangat menjajakan dagangannya dan yang kedua anak yang memiliki paras seperti kekasih ahti saya, abe. Saya sampai punya nama sendiri utk anak itu, abe junior:p Karena perasaan berdosa saya tidak jadi bukber ditempat yang semula saya niatkan, maka panti ini saya pilih untuk datangi dan berbagi kembali, walau tidak seberapa, hanya sembako, buku dan alat tulis seadanya. Semoga bermanfaat bagi mereka.. aminnn..

 PART 3
12 Agustus 2012. mas budi ajak ibu-ibu dikantor utk sumbang bkin buka puasa bersama lagi di Panti Asuhan As-Salam, dan gw ikut lg donk (eksis apa pgn makan gretongan:p). krn ga asik kalo ga ikut berpartisipasi jadilah sebuah karpet sy beli (murahan) untuk alas anak2 panti bobo. mas budiman jg beli kasur, karpet, minyak, dll. its amazing when you know that other people happy bcoz of you:D thx mas budi udh ajak sy ksna..



29 Juli 2012 by. imanis-asamanis
@cafe Solid deket rumah dinas (lumayan ada hotspotnya:D)

No comments: