Thursday 9 July 2009

GONDONGAN

watz that??? virus bkin muka org jd jelek krn bentuk muka jd miring sana miring sini..hiks! serem ga tuh??dan minggu kmrn rumah gw terjangkit virus ntu krn ada dua penghuni rmh gw kena ntu penyakit..berikut ini adalah keterangan singkat ttg virus yg dr nama'y aja udh ga keren ini (*tryata ada nama keren'y jg loh-->mumps&parotitis...):


Apa itu gondongan?Gondong (Mumps, Parotitis epidemika) adalah penyakit menular, disebabkan oleh virus (myxovirus parotitidis), berlangsung cepat (akut) yang ditandai dengan pembesaran kelenjar ludah, terutama kelenjar di bawah telinga (parotis). Penyakit ini tidak menjangkiti bayi usia di bawah 6-8 bulan karena masih memiliki antibodi (kekebalan) dari sang ibu melalui tembuni (plasenta) ketika masih dalam kandungan. Seseorang yang pernah terserang Gondong akan memiliki kekebalan seumur hidup.


Gejala gondongan hanya pipi bengkak
Tidak benar. Pada awal penyakit, gejala yang muncul justru demam, sakit kepala, lesu, nafsu makan berkurang; baru kemudian disusul dengan pembengkakan pipi di daerah rahang bawah dekat telinga dan nyeri leher/telinga. Gejala lain adalah nyeri tenggorokan hingga tidak bisa membuka mulut dan sulit menelan, terutama pada 2 hari pertama.

Gejala gondongan lebih berat pada orang dewasa
Benar. Remaja dan dewasa, khususnya pria, bila menderita gondongan biasanya lebih berat dan lebih lama. Pada anak-anak, gejala gondongan umumnya tidak terlalu berat. Kendati demikian, dari keseluruhan penderita, sepertiga orang tidak mempunyai gejala yang berat.

Gondongan bisa menyebabkan tuli dan mandul
Benar. Gejala gondongan pada anak-anak memang tidak terlalu berat, namun bisa saja menimbulkan komplikasi dan salah satunya adalah gangguan pendengaran. Sebelum ditemukan vaksin mumps, penyakit ini merupakan salah satu penyebab ketulian terbanyak pada anak-anak. Timbulnya ketulian ini bisa tiba-tiba atau bertahap, dan ketulian bisa total atau permanen. Pada remaja dan dewasa, salah satu komplikasi mumps adalah orchitis (peradangan testis) yang terjadi beberapa hari setelah pipi mulai bengkak. Sekitar 30 persen laki-laki post-pubertas yang menderita gondongan akan mengalami pembengkakan salah satu atau kedua testis yang sangat nyeri. Akibatnya testis bisa mengalami atrofi (mengecil) secara permanen. Bila terjadi pada laki-laki yang sudah pubertas, peradangan ini bisa menyebabkan kemandulan (infertilitas) di kemudian hari, namun untungnya hal ini jarang terjadi. Selain itu, gondongan bisa menimbulkan komplikasi berat antara lain radang selaput otak (meningitis) dan radang otak (ensefalitis). Pada laki-laki kadang terjadi radang sendi (artritis) yang bersifat sementara. Komplikasi pada organ lain seperti jantung, pankreas, dan ovarium, bahkan kematian, bisa terjadi walaupun sangat jarang.

Gondongan menular lewat air ludah
Benar. Selama tubuh terinfeksi, virus ini dapat ditemukan pada cairan tubuh seperti air liur, urin, darah, dan air susu. Penularan virus melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau benda yang terkontaminasi yaitu mainan, piring, dan lain-lain. Gondongan tidak terlalu menular seperti campak atau cacar air, namun bisa terjadi wabah jika ada sekelompok anak atau remaja yang saling kontak erat, misalnya di sekolah atau panti asuhan. Penularan bisa terjadi 3 hari sebelum hingga 4 hari setelah bengkaknya kempes. Orang yang kelihatannya tidak ada gejala atau gejalanya ringan tetap dapat menularkan penyakit. Batuk, bersin, tertawa, atau sekedar berbicara saja sudah bisa menyebarkan virus ini. Gondongan saat kehamilan bisa membuat janin cacat bawaan Tidak benar. Hingga saat ini dikatakan bahwa infeksi mumps selama kehamilan tidak mengakibatkan cacat bawaan pada janin, namun infeksi mumps selama trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Sebaliknya, virus rubella (campak Jerman) dapat mengakibatkan cacat bawaan pada janin. Walaupun tidak terbukti menyebabkan cacat bawaan, vaksin mumps tidak boleh diberikan pada ibu hamil atau wanita yang merencanakan untuk hamil dalam tiga bulan mendatang. Anak dari seorang ibu yang hamil boleh mendapatkan vaksin MMR (Measles Mumps Rubella); hal ini tidak berbahaya bagi si ibu.

Blau bisa untuk mengobati gondongan
Tidak benar. Banyak orang bilang bila gondongan diberi blau saja, nanti akan sembuh sendiri. Memang gondongan akan sembuh sendiri seperti halnya penyakit lain yang disebabkan oleh virus, namun tidak ada bukti ilmiah mengenai khasiat blau. Gejala gondongan akan berkurang setelah 1 minggu dan menghilang setelah 2 minggu.

Pengobatan
Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak. Dapat digunakan obat pereda panas dan nyeri (antipiretik-analgesik) misalnya Parasetamol dan sejenisnya. Makanan bebas, tidak ada larangan atau ketentuan khusus. Makanan apapun boleh disesuaikan dengan kemampuan mengunyah mengingat penderita Gondong mengalami rasa nyeri saat mengunyah atau menelan makanan. Pengobatan lain untuk penyulit yang timbul, hanya dapat diberikan atas anjuran dokter. Pencegahan Pencegahan paling efektif adalah dengan imunisasi (MMR=mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan. Imunisasi MMR tidak menimbulkan panas dan efek lainnya. Imunisasi dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong.
(*referensi: WordPress :: Bluberiku

hmmmm...kyy udh cukup jelas kan diatas?mengerikaaan ga sich,,,hufff...dan minggu kmrn gw berjuang (MERDEKAAA...) melawan virus ntu biar ga kena jg ky blukutuk N kaka gw..mereka kliatan lesu lemes & ga semangat -->tampang'y jeleeek abeees,,,hufff...gr2 2pasien ntu, gw mpe rela ngungsi ke kamar nyokap,bubu ma bokap-nyokap, gw rela ga pk slimut kesayangan gw (krn pas gw nginep dirumah QQ-->bwt kabur dr virus keren diatas<--, tu 2pasien diem2 pk slimut gw..huwaaahuhuuu..), gw rela pk bantal lain krn bantal gw jg udh dijamah ma tu 2pasien ga tau diri, tempat tidur gw di acak2 diperkosa dua org ntu gw jg ikhlas (akyuuu tak ada daya utk menyelamatkanmu wahai kasurku..hiks!), gw rela masuk kamar pake seutas selampe cemi menjaga kehormatan kesehatan gw,hufff..lagian tu ac dikamar ga mati2in slm ada2pasien,jendela ga dibuka2 jd tu virus muter2 aja dah dikamar gw tercinta.......kejaaaaam..kamar gw bnr2 hrs berkorban-->lebay mode on.

alhamdulillah...skrg udh pd sembuh dan alhamdulillah gw ga kena jg,,HAHAAAA...pdhl wkt hr keberapa dirumah nich leher gw sempet tegang2,aneh gitu,udh berdebar2 kepala gw,jantung gw berdenyut2 (*kyy kebalik tuh?huh..) keringet dingin,dagdigdug,menunggu hr esok,tryata ga kena toh,,hufff..legaaaa.......mybe krn gw sm blukutuk N cia ntu beda golongan darah kali y (*kty kalo beda gitu susah ketularan,,bagus deh kalo gitu:*) oh y berikut fto cia lg jelek .. hahahaa... peace ci:> (*ni cia lg lemess pake onion biar cpt sehat...











@humswitswithum
by.IMA 03.20 pm
09 Juli 09

No comments: