Wednesday 15 January 2014

UMRAH








 Tgl3. Seteah sholat jumat, kami berempat (sy mama papa dan misua) berangkat ke bandara soetta, berhubung cia bisa ijin kerja, agus ada seminar dan iman juga mau berangkat umrah (dengan travel yg sama tp dy berangkat jam1malam tgl4 nya, dan K’s family pergi ke bali sejak tgl1.. jd berempat naik taksi. Seblm brgkt ada azzam, tdy mau diajak tp krn ga naik mobil pribadi jd danter plg dy kerumah oma nya. Penerbangan jam5 sore dengan menggunakan pesawat emirates.

 Tgl4. Alhamdulillah sampai dengan selamat di Dubai jam2malam waktu Dubai setelah menempuh 7,5jam prjalanan. Lumayan goyang juga pesawat jd dede bayiku goyang terus didalem perut, untung kursi nyaman dan ada ayah yg selalu elus2 pyutnya mama..debay nya jd tenangJ jam4 subuh sampai di Jeddah, pesawat lebih goyang dombret lagi sampai2 saat pramugari bagiin makanan, pilot suruh mereka kembali ketempat (lebih parah emg goyangannya, sy cm bs pasrah...ga dapet makanan:p pdhl udh ngiler sama baunya, menu sarapan kyy enak deh..huff). begitu sampai ada masalah di imigrasi, sy cepat lolos keluar tp suami dan 6 org dari rombongan ga bs keluar imigrasi sampai 7jam lebih, sy tadinya kekeuh nunggu dy, bkn apanya, tas sy dy yg pegang, jd kyy ga enak bgt. Temen satu rombongan nyaranin utk dluan ke tempat istirahat skalian sarapan pagi juga, akhirnya setelah nunggu dy slm 3 jam, sy menyerah dan memilih ikut rombongan ke wisma utk sarapan dan istirahat. Mereka berhasil keluar satu persatu setelah sy puas tidur siang..hehe.ternyata antrian mereka dipindah2 terus, begiu seterusnya, sampai suami masuk angin krn kelamaan berdiri dan ngantri,. Cobaan.. habis shlt dzhur rombongan langsung menuju ke Madinah, sampai waktu adzan magrib, baru liat dr jendela bus, sy udh dibuat takjub dengan keindahan masjid nabawi, subhanallah.... dapet kamar berempat sm mba yeni, bu de dan ibu satu lagi. Kami menjadi sangat kompak:D suamiku satu kamar dengan pakde (suaminya bude), mas boma (anaknya bude), dan suaminya mba yeni... shlt isya kami langsung ke masjid nabawi setelahnya br makan malam...
 (sama bude dan ibu di masjid nabawi)

 Tgl5. Subuh pertama di Madinah sy sholat dhotel (smua temen kamar shlt malam sampai menunggu subuh di Masjid Nabawi), krn kondisi sy hamil, sy tau diri dan harus menjaga kesehatan utk persiapan umroh nanti.. tapi begitu pagi, sy sempatkan jalan2 sama suami, foto2 di nabawi. dhzuhur dan sholat selanjutnya, ga mau rugi harus shlt di masjid.. setiap abs waktu sholat, ada aja yang jualan depan dan pinggir masjid, dan dua ibuk2 satu  kamar sy, ga bs banget kalo plg ga bawa belanjaan, capeeek kelilingnya...

 (crowded pinggiran masjid nabawi tiap abs sholat)

hari ini pertama sy ke rawdah (antara mimbar dan makam nabi), kt mama agak crowded dan desek2an, tp alhamdulillah sy dikasih kemudahan bgt sm Tuhan, sy sm mba yeni dapat paling depan, pas depan  mimbar, sepi, ga kesenggol orang, awalnya disuruh out sm laskar yg jagain tuh tempat tp pas sy blg i wanna pray here trs dtny lg pregnant sy blg yeng diksih ijin, stlh berhasil sholat dan doa, dsuruh keluar tp d usep2 punggung sy sm si laskar... sy sm mba yen terpisah dari rombongan, akhirnya qt jalan sendiri ke makam Baqi, trs plg deh..
 (makam Nabi dan para sahabat)


Tgl6. Sholat malam sampai menunggu subuh di Masjid Nabawi. Hari ini jadwal jalan2 kota Madinah, jadwalnya ke masjid quba dan kiblatain. Dhuha kali ini sholat di masjid quba. Disni sy ketemu rombongan travel yg sama yg berangkat tgl4 (ada si iman, dy d byrin umroh sm emka, selaku bosnya. Emka berangkatin 3 org, iman, temennya iman yg mengabdi di perusahaan emka sejak br berdiri sm satu orang ustad). Dari masjid quba ke tempat kebun kurma, lanjut ke tempat Perang Uhud, liat kuburan para syuhada Islam, trs terakhir ke Pabrik AlQuran (utk cwo dapet gratis quran 1 buah)

(pabrik Al Quran)

(kebun kurma)

(masjid Quba, ktmu rombongannya iman:) so happy)

(bukit uhud tempat perang uhud, was amazing..)

Tgl7. Its our last day in Medina. Karena ga mau rugi, sy bertekad utk sekali lg ke rawdah, temen2 pada sibuk masing2, kyy pd males, malah tidur2an dikasur. Si bude belanja belanji sm misua dan anaknya. Tekad udah kuat, wlw sendiri sy jabanin, aplg pas mama telp kasih semangat utk kesana lg, kty buruan keburu siang, lgsung sy siap2 tryta pas ajak mba yen sm ibuk itu mau, ibuk itu blg “yg lg hamil aj semangat ms dy yg kondisi sehat seger buger ga bisa” jdlah kita ke raudhah lagi, kali ini cm bertiga, alhamdulillah lebih luas dari yang pertama, ga dempetan, legaaaaaa...enaaaak bgt puas sepuas2nyaJ thanks God. Habis Dzhur makan siang langsung siap2 untuk ke Mecca (udh pake pakaian ihram memang) abs ambil miqat, sampe Mecca jam10mlm-an gtu, makan malam, langsung umrah.. selesai umrah jam3pagi, alhamdulillah lancar..

 (bye Nabawi Mosque, hope i'll come back again with my parents, parents in law, hubby, kid and big fam.. gonna miss you...)

 (alhamdulillah, umrah pertama lancar, thanks God)

Tgl8. Subuh sy dihotel, ga ikut temen kamar (temen kamaar masih sama ky yg di Medina), baru dzhur dan selanjutnya di Masjidil Haram. Acara hari ni bebas, jalan sm suami cari oleh2, nongkrong depan masjidil haram dan shalat di Masjidil Haram, alhamdulillah.....
(acara bebas, jalan sama misua..love u hub!)

Pulang dari jalan2 keliling, suami sakit. Terpaksa dari sore hrs istirahat, tante mutti dateng jam10mlm, ngajak janjian di Masjidil haram tp sy sngat capek lgpula suami sakit jd terpksa dy sy mnta ke hotel...ternyata dy ketemu iman dluan di bawah (hotelnya sebelahan sm iman). Stlh bangunin suami, qt ke bawah sama2 ketemu nenek, tante mutti dan anaknya yg super cute, nur huda.. bawain memang oleh2 titipan dari mama, tryta dy bawain sy kursi roda..hadooh (dy bawa virgin oil jg utk mama dan 2 kardus besar kurma, iman yg bawa 2 dos kurmanya..).


(meet up tante muti, her cute daughter and nenek hadrah.. karena hotel rombongan iman dan saya sebelahan, jd ketemu iman juga..)

 (what a cute lil girl!!! peranakan libanon palopo, its perfect:D:*)

Tgl9. Hari ini jadwalnya tour kota Mecca abis itu umrah kedua kalinya, sy pake memang baju hitam utk umrah, suami bawa ihram utk diganti dtmpt miqat nanti. Dari Padang Arafah qt keliling Mina dan tempat2 haji, abs tu ambil miqat, trs lanjut ke hotel utk sholat ashar, abs itu langsung umrah, umrah kali ini sy pake kursi roda yg dipinjemin tante mutti, bersama suami sy keliling kabah di lt.2, alhamdulillah selesai lebih cepat dari rombongan (rombongan umrah kali ini digabung, rombongan iman dan saya), Sa’i saya sm suami juga di atas jd ga ada tanjakan. Beres pas masuk shlt magrib... abs sholat langsung tahalulJ tunggu sholat isya br pulang, sebelum plg balikin kursi roda dlu ke tempt kerkanya suami nya tante mutti (letak tmpt kerjanya didepan masjidil Haram). Langsung ke hotel istirahat.


(Padang Arafah)


Tgl10. Hari terakhir di Mecca, setelah sholat jumat berjamaah di Masjidil Haram, kami rombongan (rombongan iman plg besokannya, rombongan sy plg dluan) lgsung tawaf wada, seelah itu bersiap ke Jeddah. Perjalanan Mecca-Jeddah ditempuh krg lebih 2jam. Keliling kota Jeddah (masjid apung dan laut merah) dari situ ke tempt belanja (pada kalap deh tuh...kecuali sy dan misua yg memang cm bw uang pas2an..hahaa). dari situ ke hotel trs tiduuuurrr..

(bandara King Abdul Aziz)

Tgl11. Menuju King Abdul Aziz airport. Sampai di Dubai jam2-an, tp krn guide travel kami lelet, jadilah keluar airport jam5 atau 6 (telat 3-4 jam dari jadwal), keliling jg udh g trll enak krn malam dan hujan, tp sempet  lah keliling liat2..


 (has been arrive in dubai, time to honeymoon)

(jalan2 keliling kota dubai)

 (sarapan pagi..)

 (bandara dubai, siap2 plg..)

 (in the airplane, emirates dubai to jakarta)

Tgl13. Alhamdulillah pesawnya ga goyang ky wkt berangkat, sampe soetta udh ada mama papa dan cia, qt sempet nunggu iman sebentar (dy plg jg hr itu naik pesawat yg lain) dterminal yg lain juga (dy transitnya di Abu Dhabi naik pesawat qatar airlines (sedangkan sy lewat Dubai). Langsung ke bekasi....

Tgl14. Kumpul keluarga pas bgt tanggal merahJ
(narsis dengan tongsis)

(my mom, my niece,  nephew and brothers in bekasi)

No comments: